Perkembangan
dunia iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi
kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut
kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat
mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot
manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. Begitupun dengan
telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer, seolah
sudah mampu amenggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu
dan aktivitas manusia. Ringkas kata, kemajuan iptek yang telah kita capai
sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan
kenyamanan bagi kehidupan umat manusia.
Bagi
masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembangan iptek
dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan
memuja iptek sebagai liberator yang akan
membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan
memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas. Sumbangan iptek
terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun
manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan
malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda,
terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek
terhadap kehidupan umat manusia. Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir
rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran.
Dampak positif dan negatif dalam menggunakan aplikasi
komputer.
Aplikasi
komputer dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih akurat, cepat, murah, aman,
efisien, efektif, dan dapat disimpan dalam waktu yang lama. Itulah kecanggihan
teknologi yang dapat kita rasakan. Teknologi informasi dan komunikasi terutama
komputer telah banyak dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan misalnya di
bidang pendidikan, industri, kesehatan, transportasi, dan sebagainya. Akan
tetapi selain diperoleh berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi
dan komunikasi, ternyata juga ada dampak negatifnya. Ulah para hacker maupun
cracker yang mengacaukan data pemilu merupakan salah satu contoh dampak negatif
kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi.
Teknologi
informasi dapat didefinisikan sebagai suatu teknologi yang berfungsi untuk
menghasilkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan informasi tersebut dengan
berbagai bentuk media dan format (image, suara, text, motion pictures). Dari
pengalaman dan pengamatan, tahapan pemanfaatan teknologi informasi dimulai pada
saat teknologi informasi dianggap sebagai media yang dapat menghemat biaya
dibandingkan dengan metode konvensional, misalkan saja pemakaian mesin ketik,
kertas, penghapus, tipe-x, proses editing, dan sebagainya cenderung tidak
efisien. Sekarang dengan bantuan komputer kita bisa melihat hasil ketikan di
layar monitor sebelum dicetak (paperless). Lebih effisien dalam waktu dan
tempat penyimpanan file. Setelah dirasakan bahwa teknologi Informasi dapat
menggantikan cara konventional yang memberikan benefit, maka orang mulai
melihat kelebihan lainnnya, misalnya menggantikan sarana pengiriman surat
dengan surat eletronik (e-mail), pencarian data melalui search engine,
chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya dimana pada tahapan ini orang
sudah mulai menginvestasikan kepada perangkat komputer. Dari manfaat yang
didapatkan, teknologi informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu
operasional dalam proses bisnis. Misalnya perusahaan dalam memberikan pelayanan
kepada pelanggan dengan menyediakan informasi jasa dan produk yang ditawarkan
tanpa dibatasi waktu dan ruang.
Orang
sudah mau investasi dalam menyediakan perangkat keras dan lunak untuk mengelola
data dan menghasilkan laporan secara lebih akurat dan menyeluruh. Dari level
top management proses pengolahan data menjadi informasi dan akhirnya menjadi
pengetahuan (knowledge) digunakan sebagai proses untuk mengambil keputusan
sehingga keputusan yang diambil akan terstruktur dan terarah (Executive
Decision Making). Tahapan terakhir dimana orang sudah berani menginvestasi
secara optimal untuk perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya manusia
untuk mengoperasikan bisnisnya. Pemanfaatkan teknologi infomasi sudah secara
menyeluruh dan terpadu untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan dan
meningkatkan effisiensi dan effektivitas perusahaan. Kalau kita kaitkan
perkembangan teknologi informasi dengan pemerintah sekarang yang lebih dikenal
dengan e-government, tahapan penerapan teknologi informasi dikategorikan dalam
tahapan persiapan, pematangan, pemantapan dan pemanfaatan. Menurut pengamatan
dan penelitian yang dilakukan oleh Departmen Komunikasi dan Informasi, sekarang
Indonesia baru memasuki tahapan persiapan dan menuju ke arah pematangan. Jadi
masih banyak sekali pekerjaan rumah yang harus dikerjakan oleh pemerintah untuk
mensosialisaikan kepada masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi.
Bila
kita bergantung sepenuhnya kepada pemerintah, jelas kita akan tertinggal jauh
dan memakan waktu yang lama. Disini dituntut peranan kaum professional yang
aktif untuk mensosialisasikan pemanfaatan teknologi di segala bidang. Salah
satu yang merupakan terobosan kreatif adalah pemanfaatan open source sebagai
platform dalam menciptakan aplikasi. Memang kendala yang utama dihadapi adalah
bagaimana mengubah pola pikir dari institusi pendidikan dan menyiapkan
infrastruktur yang mendukung. Yang jelas belajar dari pengalaman, bila
masyarakat sudah merasakan penerapan teknologi informasi dapat menciptakan
efisiensi dalam proses belajar mengajar, efisiensi biaya, dan mendorong
terbentuknya komunikasi kampus secara terorganisir, maka dengan sendirinya
sisfokampus akan berkembang dan dibutuhkan.
Intenet
dan e-commerce telah memicu perhatian baru tentang dampak etika dan sosial dari
sistem informasi. Internet dan teknologi perusahaan digital telah memungkinkan
penyusunan, integrasi dan distribusi informasi lebih mudah dari masa sebelumnya
konvensional, hal ini menimbulkan masalah baru seperti dalam penggunaan
informasi konsumen, perlindungan informasi pribadi dan perlindungan hak cipta.
Kemunculan teknologi informasi baru telah menimbulkan efek riak, membangkitkan
isu isu baru dalam hal etika, sosial dan politik yang harus dihadapi pada
tingkatan perorangan, masyarakat dan politik. Isu-isu etika, sosial dan politik
yang diakibatkan oleh sistem informasi melibatkan aspek moral sebagai berikut.
ETIKA DALAM
PENGGUNAAN APLIKASI KOMPUTER
Alasan dibuat etika dalam penggunaan
aplikasi komputer yaitu : masyarakat harus dilindungi dari kerugian yang di
timbulkan karena ketidakmampuan teknis dan perilaku yang tidak etis, dari
mereka yang menganggap dirinya sebagai tenaga prefesional dalam bidang
tersebut.
Beberapa
masyarakat yanng memerlukan perlindungan :
1. Masyarakat
umum
2. Pembeli
produk dan jasa komputer
3. Majikan
tenaga ahli komputer
4. Tenaga
ahli komputer
Apakah
profesi?
Merupakan
kelompok lapangan kerja yang khusus melaksanakan kegiatan yang memerlukan
keterampilan dan keahlian yang tinggi, untuk memenuhi kebutuhan yang rumit dari
manusia, dimana pemakaian dengan cara yang benar, keterampilan dan keahlian
yang tinggi hanya dapat dicapai dengan penguasaan pengetahuan, serta adanya
disiplin etika yang dikembangkan dan diterapkan oleh kelompok anggota yang
menyandang profesi tersebut
Etika
profesi adalah penggunaan bakuan dari evaluasi moral terhadap masalah penting dalam
kehidupan profesional.
Issue pokok yang menjadi sumber etika hubungan antara
klien dan profesional :
1. Prinsip
dasar
2. Egoisme
3. Kerahasiaan
A. Pragmatisme
B. Hak
asasi
4. Otonomi
klien
Dua
kelompok kode etik perilaku :
1. Organisasi
atau lembaga dimana ia bekerja.
2. Asosiasi
profesi.
Tujuan
penyusunan kode etik dan perilaku profesional :
1. Memberi
pedoman bagi anggota asosiasi dalam aspek-aspek etika dan moral, terutama yang
berada di luar jangkauan hukum, undang-undang dan peraturan-peraturan yang
berlaku.
2. Memberi
perlindungan bagi kelompok masyarakat terhadap berbagai macam perilaku yang
merugikan, sebagai akibat adanya kegiatan di bidang profesi yang bersangkutan.
Beberapa
usaha untuk meningkatkan kode etik :
1. Menyebarkan
dokumen kode etik kepada orang yang menyandang profesi yang bersangkutan.
2. Melakukan
promosi etika profesi
3. Memberikan
sanksi disipliner yang melanggar kode etik
Dimensi
masyarakat informasi menurut bell :
1. Sektor
ekonomi : berubah kebentuk pelayanan jasa.
2. Distribusi
pekerjaan : munculnya kelas profesional dan kelas teknis.
3. Prinsip
sumbu : ilmu pengetahuan merupakan sumber utama.
4. Orientasi masa depan : pengendalian dan
penghargaan terhadap teknologi.
5. Pengambilan
keputusan : berbasis teknologi.
Ciri
masyarakat informasi :
1. Ilmu
pengetahuan menjadi sumber utama dalam dunia usaha.
2. Ilmu
pengetahuan menjadi aset bagi siapa saja.
3. Ilmu
pengetahuan mendongkrak lajunya kemajuan usaha.
4. Mengumpulka,
mengolah, dan memanfaatkan informasi untuk pengambilan keputusan.
Komputer
dan masyarakat informasi :
·
Komputer sebagai mesin
informasi, membuka kemungkinan baru dalam hidup manusia.
·
Zaman informasi adalah
gambaran yang lengkap tentang jaringan komunikasi yang menghubungkan perumahan,
dunia usaha, dan pemerintahan.
Kemungkinan
perkembangan masyarakat menurut John Tydemen :
·
Struktur masyarakat
·
Proses pengambilan
keputusan
·
Pilihan yang baru
·
Ketidaksamaan
·
Struktur ekonomi
·
Pelayanan keuangan
Pandangan
kedepan untuk dunia yang kurang maju tingkat peradabannya :
·
Pengikisan terhadap
kepentingan nasional
·
Terhentinya arus
informasi
·
Meningkatnya
pengangguran
·
Masalah kawasan
industri
·
Reorganisasi ekonomi
·
Ancaman terhadap
kebudayaan nasional
Digantikannya
surat biasa dengan surat elektronik dan pertemuan tatap muka dengan konfrensi
jarak jauh. Kegiatan transaksi ekonomi menggunakan videotext.
SURAT
ELEKTRONIK
·
Electronic Computer
Originated Mail (E-COM) pada 1981 mengombinasikan antara cara komunikasi
elektronik dengan pengantaran surat tradisional.
·
MCI Communication
Corporation menyediakan jaringan komunikasi untuk mengirim dan menerima pesan
bagi pelanggan.
·
Porulaton Courier :
pelayanan overnight service
Jenis-jenis
pelayanan mail box
A.
Surat Elektronik
melalui kotak surat terpusat :
Pengirim
mengirimkan surat elektronik ke mail box, pada saat lain penerima memeriksa
mail box tersebut.
B.
Surat elektronik
langsung :
Pengirim
pada terminalnya mengirimkan pesan melalui media perantara yang dapat dibaca
oleh penerima di terminal tujuan.
C.
Surat elektronik
melalui kotak surat lokal :
Pengirim
menggunakan terminalnya untuk mengirim surat pada malam hari, karena tarif
lebih rendah, kemudian penerima akan memeriksa esok hari.
KONFERENSI JARAK JAUH
·
Merupakan evolusi dari
sistem surat elektronik dengan multi user interaction.
·
Kekurangannya adalah
kemampuan mengetik yang lebih lambat dari kecepatan kecepatan berbicara.
·
Video Conferencing
merupakan bentuk konferensi jarak jauh dengan menampilkan gambar atau citra
pembicara.
·
Perusahan seperti JC
Penny dan boing menganggap bahwa konferensi dengan video mampu mengurangi biaya
perjalanan, meningkatkan kemampuan koordinasi, dan meningkatkan persaingan di
pasaran.
VIDEOTEXT
Jenis-jenis
kegiatan transaksi ekonomi :
·
Pengambilan kembali
informasi
·
Transaksi
·
Penyampaian pesan
·
Monitor jarak jauh
·
Komputasi
·
Bekerja dirumah
·
Pendidikan dirumah
Tiga
jenis pelayanan informasi utama :
·
Pengambilan kembali
informasi dari basis data.
Teletext
Ialah data yang dikirimkan melalui
transmisi televisi dengan format teks yang biasanya menayangkan seputar
informasi yang berhubungan dengan olahraga,berita, bisnis, jadwal penerbangan
dan lain-lain, dan bisa digunakan selama dua puluh empat jam yang dengan
komunikasi yang bersifat satu arah.
·
Videotext
Pelayanan videotext benar-benar
hanya berupa grafik dan memungkinkan pengoperasian yang bersifat interaktif.
Dengan videotext, kita dapat mebuka data-base dari ribuan halaman atau frame
informasi melalui kemampuan komunikasi yang dua arah dan tergabung dengan
jaringan telepon. Seperti industri teletext, industri videotext juga tidak
sukses di AS. Sebaliknya, AOL, CompuServe, dan layanan berbasis PC lebih
sukses. Kesuksesan ini disebabkan oleh beberapa alasan. Salah satu alasannya
adalah sistem-sistem berbasis PC dari awal fokus pada target market-nya atau
tujuan audience-nya. Misalnya dikhususkan bagi golongan pengacara atau
kelompok-kelompok lainnya yang menginginkan informasi-informasi tertentu
Batasan
pengembangan bentuk komersial videotext oleh british post office :
·
Mengutamakan kehandalan
sistem
·
Kemudahan penggunanya
·
Akses yang cepat dan
multiuser
·
Biaya yang rendah
·
Informasi disimpan
dalam bentuk duplikasi di banyak komputer dalam jaringan
Komponen
utama dari jasa pelayanan videotext :
·
Pelanggan
·
Pemasok informasi dan
pelayanan
Contoh: Associated Prees, Dow
Jones, Reuters, dll.
·
Pemaket informasi
Contoh: times Mirror, Knight Rider,
AT&T, dll.
·
pembawa videotext
Contoh: NBC, CBS, dll
·
pembuat peralatan
Contoh: Apple, TI, Tandy, dll
Jenis-jenis
layanan yang diberikan oleh viewtron :
·
berita cuaca dan
olahraga
·
petunjuk resmi jadwal
penerbangan
·
Ensiklopedia American
·
Surat elektronik
·
Belanja dari rumah
·
Perbankan elektronik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar