Pages

Kamis, 02 Juli 2015

APSIA Sistem Produksi Pada Rian Factory


ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
SISTEM PRODUKSI PADA RIAN FACTORY


NAMA KELOMPOK
ENAS KRISPA LORA                   (27211805)
IMELDA SETIAWATI PUTRI     (23211549)
SITI IMAS. M                                 (26211807)
DODI KURNIADI                          (22211197)
DEVYANA SETYA PRATIWI     (2B214148)
JULISNA HUTAGALUNG           (2B214301)

4EB22



UNIVERSITAS GUNADARMA
2004-2015

Profil Perusahaan
Terlatak di perumahan Jatiwarna Indah, Bekasi yang bergerak dibidang jasa percetakan kaos digital print dan pembuatan jersey satuan ataupun grosir. Untuk menjaga kualitas produksinya, perusahaan melalui manajemen menempatkan karyawan ahli dan terampilbsesuai bidangnya, maka dilakukan prosedur sistem sebagai berikut.

Dokumen yang digunakan
1. Surat Order Produksi (SOP)
Surat Perintah yang dikeluarkan oleh bagian penjualan, yang ditujukan kepada bagian-bagian yang terkait dengan proses produksi pengolahan produk

2. Daftar Kegiatan Produksi (DKP)
Daftar urutan jenis kegiatan dan fasilitas mesin yang diperlukan untuik kegiatan produksi

3. Bill of Material (BOM)
Dokumen untuk meminta bahan baku dan bahan penolong untuk memproduksi produk yang tercantum dalam Surat Order Produksi.

4. Laporan Produk Selesai (LPS)
Dokumen yang dibuat oleh fungsi produksi un tuk mengabarkan bahwa produk pesanan tertentu

5. Tanda Serah Terima Barang Jadi (TSTBJ)
Dokumen yang dibuat oleh fungsi produksi yang akan diserahkan ke fungsi gudang bahwa barang jadi pesanan telah diterima digudang

Alur Sistem Perusahaan
Bagian Penjualan
Bagian Penjualan meneerima pesanan dari pelanggan, Kemudian menerima PO dari pelanggan. Lalu bagian penjualan membuat SOP sebanyak 3 lembar. SOP 1 diserahkan ke pelanggan, SOP 2 diserahkan ke bagian PPIC, SOP 3 diserahkan kebagian produksi. PO diarsip tetap.
 
Bagian PPIC
Menerima SOP 2 dari bagian penjualan kemudian merencanakan kegiatan produksi. Lalu bagian PPIC mEnyiapkan schedule produksi. Seteleh itu membuat dokumen BOM sebanyak 3 lembar. Lalu SOP 2 dan BOM 1 diarsip tetap, kemudian BOM 2 dan BOM 3 diserahkan ke bagian gudang.

Bagian Gudang
Bagian gudang menerima BOM 2 dan BOM 3 dari bagian PPIC. Setelah itu melakukan pengecekan ketersediaan bahan baku, apabila tidak cocok BOM 2 dan BOM 3 diserahkan kembali ke bagian PPIC, apabila cocok maka akan dilanjutkan ke kegiatan berikutnya yaaitu meyiapkan bahan baku yang dibutuhkan. Lalu mengotorisasi BOM dengan membubuhkan tanda tangan. BOM 2 diarsip tetap dan mencatatnya ke dalam kartu gudang, BOM 3 diserahkan ke bagian produksi bersama bahan baku

Menerima SOP 3 dan TSTBJ beserta barang jadi dari bagian produksi. Lalu melakukan pengecekan terakhir, apabila tidak cocok SOP 3 dan TSTBJ beserta barang jadi dikembalikan ke bagian produksi, apabila cocok barang adi dikirim ke bagian penjualan. Lalu SOP 3 dan TSTBJ di arsip tetap. 


KONTEKS
ZERO
LEVEL 1 PROSES2
LEVEL 1 PROSES 4
ERD

NORMALISASI
1. UNORMAL
2. 1NF
3. 2NF
4. 3NF

1 komentar:

MAHMUD SIMON mengatakan...

Halo orang baik saya di Asia, mungkin ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga An INDONESIA tetapi saya berbasis di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman ini baik melalui Mrs Nurliana Novi, pemberi pinjaman kredit benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ELINA JOHNSON KREDIT PERUSAHAAN, setelah saya telah scammed oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang percaya, maka dia datang dan menaruh senyum lebar di wajah saya di kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya,
Mrs Elina Johnson dari ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM hanya menghubunginya hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »untuk info lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara untuk mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Aku menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan mungkin ALLAH dipuji.