Pages

Kamis, 02 Juli 2015

APSIA Sistem Produksi Pada Rian Factory


ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
SISTEM PRODUKSI PADA RIAN FACTORY


NAMA KELOMPOK
ENAS KRISPA LORA                   (27211805)
IMELDA SETIAWATI PUTRI     (23211549)
SITI IMAS. M                                 (26211807)
DODI KURNIADI                          (22211197)
DEVYANA SETYA PRATIWI     (2B214148)
JULISNA HUTAGALUNG           (2B214301)

4EB22



UNIVERSITAS GUNADARMA
2004-2015

Profil Perusahaan
Terlatak di perumahan Jatiwarna Indah, Bekasi yang bergerak dibidang jasa percetakan kaos digital print dan pembuatan jersey satuan ataupun grosir. Untuk menjaga kualitas produksinya, perusahaan melalui manajemen menempatkan karyawan ahli dan terampilbsesuai bidangnya, maka dilakukan prosedur sistem sebagai berikut.

Dokumen yang digunakan
1. Surat Order Produksi (SOP)
Surat Perintah yang dikeluarkan oleh bagian penjualan, yang ditujukan kepada bagian-bagian yang terkait dengan proses produksi pengolahan produk

2. Daftar Kegiatan Produksi (DKP)
Daftar urutan jenis kegiatan dan fasilitas mesin yang diperlukan untuik kegiatan produksi

3. Bill of Material (BOM)
Dokumen untuk meminta bahan baku dan bahan penolong untuk memproduksi produk yang tercantum dalam Surat Order Produksi.

4. Laporan Produk Selesai (LPS)
Dokumen yang dibuat oleh fungsi produksi un tuk mengabarkan bahwa produk pesanan tertentu

5. Tanda Serah Terima Barang Jadi (TSTBJ)
Dokumen yang dibuat oleh fungsi produksi yang akan diserahkan ke fungsi gudang bahwa barang jadi pesanan telah diterima digudang

Alur Sistem Perusahaan
Bagian Penjualan
Bagian Penjualan meneerima pesanan dari pelanggan, Kemudian menerima PO dari pelanggan. Lalu bagian penjualan membuat SOP sebanyak 3 lembar. SOP 1 diserahkan ke pelanggan, SOP 2 diserahkan ke bagian PPIC, SOP 3 diserahkan kebagian produksi. PO diarsip tetap.
 
Bagian PPIC
Menerima SOP 2 dari bagian penjualan kemudian merencanakan kegiatan produksi. Lalu bagian PPIC mEnyiapkan schedule produksi. Seteleh itu membuat dokumen BOM sebanyak 3 lembar. Lalu SOP 2 dan BOM 1 diarsip tetap, kemudian BOM 2 dan BOM 3 diserahkan ke bagian gudang.

Bagian Gudang
Bagian gudang menerima BOM 2 dan BOM 3 dari bagian PPIC. Setelah itu melakukan pengecekan ketersediaan bahan baku, apabila tidak cocok BOM 2 dan BOM 3 diserahkan kembali ke bagian PPIC, apabila cocok maka akan dilanjutkan ke kegiatan berikutnya yaaitu meyiapkan bahan baku yang dibutuhkan. Lalu mengotorisasi BOM dengan membubuhkan tanda tangan. BOM 2 diarsip tetap dan mencatatnya ke dalam kartu gudang, BOM 3 diserahkan ke bagian produksi bersama bahan baku

Menerima SOP 3 dan TSTBJ beserta barang jadi dari bagian produksi. Lalu melakukan pengecekan terakhir, apabila tidak cocok SOP 3 dan TSTBJ beserta barang jadi dikembalikan ke bagian produksi, apabila cocok barang adi dikirim ke bagian penjualan. Lalu SOP 3 dan TSTBJ di arsip tetap. 


KONTEKS
ZERO
LEVEL 1 PROSES2
LEVEL 1 PROSES 4
ERD

NORMALISASI
1. UNORMAL
2. 1NF
3. 2NF
4. 3NF

2 komentar:

MAHMUD SIMON mengatakan...

Halo orang baik saya di Asia, mungkin ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga An INDONESIA tetapi saya berbasis di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman ini baik melalui Mrs Nurliana Novi, pemberi pinjaman kredit benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ELINA JOHNSON KREDIT PERUSAHAAN, setelah saya telah scammed oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang percaya, maka dia datang dan menaruh senyum lebar di wajah saya di kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya,
Mrs Elina Johnson dari ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM hanya menghubunginya hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »untuk info lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara untuk mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Aku menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan mungkin ALLAH dipuji.

Solusi cepat kaya mengatakan...

,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).
....