Peranan Koperasi 
Peranan Koperasi
dalam berbagai bentuk pasar, Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar 
diklasifikasikan menjadi 2 macam :
1.     
Pasar dengan persaingan sempurna (perfect
competitive market).
2.  Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect
competitive market) , yaitu :Monopoli, Persaingan Monopolistik (monopolistik
competition), dan Oligopoli 
Peranan Koperasi
dalam Persaingan Sempurna (perfect competitive market)
Ciri-ciri pasar
persaingan sempurna :
- Adanya penjual
dan pembeli yang sangat banyak 
- Produk yang
dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
- Perusahaan
bebas untuk mesuk dan keluar 
 Para pembeli dan penjual memiliki
informasi  yang sempurna 
Koperasi dalam
Pasar Monopolistik
Ciri-cirinya :
- Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
 - Produk yang dihasilkan tidak homogen
 - Ada produk substitusinya
 - Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
 - Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
 
Koperasi dalam
Pasar Oligopoli
- Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar
 - Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga
 
Untuk
menghindari perang harga, perusahaan akan 
mengadakan product defferentiation dan memperluas  pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi,   membedakan mutu dan bentuk produk .


0 komentar:
Posting Komentar